Berita AJSC

Berita # 2

Steyl - Januari 07, 2005

SVD / SSpS / SSpSAP


Isi terbitan kali ini:

  1. Wasalam
  2. Seorang Sahabat yang Baik Telah Pergi
  3. Kegiatan team AJSC sejak terbitan yang lalu
  4. Tawaran Program team AJSC
  5. Bahan-bahan animasi rohani AJSC
  6. Karya tulis terbitan terakhir
  7. Selamat menapaki Tahun Baru 2005

1. Wasalam

BERITA AJSC No.2, kali ini terbit sesuai dengan rencana. Kiranya terbitan ini menjadi tanda tulus bahwa kami mau menjalin hubungan dengan anda. Limpah terimakasih bagi mereka yang menulis kepada kami setelah mendapat BERITA AJSC No. 1. Kami mengharapkan supaya anda terus mengirimkan kepada kami kegiatan animasi rohani di propinsi atau regio anda.

BERITA AJSC diterbitkan dalam lima bahasa, yakni: Inggris, Spanyol, German, Indonesia dan Portugis. Bila anda ingin mendapat edisi bahasa lain dari yang kami kirimkan sekarang ini, silakan menghubungi kami, dengan alamat : ajscinfo@steyler.nl

Kami dari team AJSC di Steyl mengucapkan selamat Tahun Baru 2005 kepada anda sekalian.

2. Seorang Sahabat Yang Baik Telah Pergi

P. Henry Heekeren, SVD meninggal dunia pada tanggal 14 Desember 2004. Sebagai Superior General (1977-1988) ia melihat bahwa pembaharuan rohani yang terus menerus merupakan satu kebutuhan pokok dan ia sendiri mempromosikannya dengan penuh semangat. Secara istimewa ia menekankan satu spiritualitas yang bertumbuh dari rasa hormat terhadap sesama manusia dan menjalin hubungan dengan mereka, teristimewa dengan orang miskin dan terpinggirkan. - ia mengangkat seorang koodinator untuk JPIC. Ia juga menekankan satu spiritualitas yang bertumbuh dari Kitab Suci, Sabda Allah. Tema ini menjadi pembicaraan Kapitel General SVD tahun 1988 yang membawa kesadaran baru, bagaimana "menjadi seorang anggota Serikat yang mengikuti Sabda Allah".

Dalam Kapitel General yang sama ditetapkan untuk mendirikan Pusat Spiritualitas Arnold Janssen (AJSC) di Steyl. Bersama dengan Sr. Agada Brand (sekarang Pemimpin Umum SSpS), P. Henry menjadi Direktur pertama team AJSC. Karya ini merupakan terobosan baru; P. Henry dan anggota Team berusaha menemukan cara dan jalannya. Banyak dari anda mungkin pernah menjadi peserta dalam program-program awal AJSC.

Pada hari meninggalnya, 14 Desember 2004, dua anggota team AJSC kembali berkumpul lagi di Steyl. Inilah kesempatan pertama semua anggota team baru AJSC berkumpul bersama. Ada hikmah khas bahwa P. Henry justru meninggal pada saat team baru ini mulai bekerja. Sungguh suatu penyelenggaraan ilahi pula bahwa pada hari itu Sr. Agada berada di Steyl dalam rangka satu pertemuan, dan turut menghadiri pemakaman P. Henry.

Dari sekian banyak prestasinya yang besar, kita yang mengenalnya sungguh mengalami kehilangan kehadiran seorang pribadi yang ramah dan selalu memberi peneguhan. P. Henry adalah seorang pribadi yang sungguh memperhatikan kebutuhan orang lain. Ia menaruh perhatian penuh kepada setiap orang yang datang kepadanya atau yang dijumpainya. Pribadinya yang ramah dan penuh perhatian pada masing-masing orang - inilah animasi misinya dalam hidup harian - menemani setiap orang untuk lebih menyadari keindahan dan nilai dirinya.

3. Kegiatan Team sejak BERITA AJSC yang lalu

Untuk pertama kalinya kursus penyegaran (tertiat) SSpS diselenggarakan di Steyl. Kursus ini dalam bahasa Spanyol dan Portugis. Team kami membantu peserta dalam topik 'Spiritualitas dan Karisma kita dewasa ini dan pada masa generasi pendiri, dan retret terbimbing. Kami menyelenggarakan kursus penyegaran SVD (Tertiat SVD) selama dua minggu di Steyl, sebelum mereka meneruskan perjalanan ke Oies dan Nemi. Kami menemani retret terbimbing Kelompok Tertiat SVD dan Kelompok Kursus Dei Verbum di Nemi. Kami membimbing retret untuk ketiga kongragasi (SVD-SSpS-SSpSAP) di berbagai tempat, baik retret terbimbing pribadi maupun retret umum. Sr. Franziska membimbing beberaapa kali retret kontemplasi. P. Michael, salah satu dari tiga orang, memberikan masukan pada lokakarya para Formator Asia Pasifik di Philipina.

4. Tawaran Program team AJSC

Team inti AJSC telah mengembangkan sejumlah program untuk animasi rohani. Kami telah menyelenggarakan program ini di banyak provinsi dan regio bekerjasama dengan anggota SAT setempat. Program tersebut antara lain:

Sehubungan dengan kwesioner yang lalu (lihat: laporan dalam BERITA AJSC no. 1) beberapa tema dianjurkan kepada team untuk dikembangkan dengan focus pada hidup religius-misioner kita. Kami membahas ini dalam sidang rencana kerja kami. Sebagai langkah awal kami memutuskan untuk menawarkan empat tema baru berikut:

Bila provinsi atau regio anda ingin mengundang team untuk menyelenggarakan program (lokakarya, seminar atau retret) mengenai tema-tema di atas, silakan hubungi kami. Dengan senang hati kami akan mengatur apa yang perlu bersama anda.

Berdasarkan kemampuan anggota team, maka program-program tersebut dapat diselenggarakan dalam bahasa Inggris, Jerman, Indonesia, Portugis dan Spanyol.

5. Penyediaan bahan-bahan oleh AJSC

Dalam isian kwesioner cukup banyak dianjurkan supaya team AJSC menyediakan bahan-bahan untuk animasi rohani. Kami berusaha memenuhi permintaan anda. P. Tony Pernia, SVD telah memperkenankan kami menggunakan website Generalat SVD untuk menyajikan bahan-bahan bagi anggota tarekat. Dalam website Generalat ada dua bagian: bagian pertama hanya untuk anggota SVD yang telah mendaftarkan diri, sedangkan bagian kedua terbuka untuk umum, setiap pengguna jasa internet. Pada bagian umum tersebut terdapat satu folder (box) dengan tulisan AJSC. Klik folder AJSC dan dapatkan bahan sesuai bahasa yang anda pilih. Anda dapat membaca atau menggandakannya.

Alamatnya: http://www.svdcuria.org/public/ajsc/ Anda bisa langsung menempatkan alamat ini dalam kotak alamat Favorites anda.

Bila anda mempunyai bahan, yang anda rasa berguna untuk sama saudara-i yang lain, maka silakan mengirim bahan tersebut kepada kami melalui E-mail dengan alamat: ajscinfo@steyler.nl

Kami hanya menerima bahan-bahan yang berkenaan dengan sejarah, spiritualitas dan misi tarekat. Bahan umum mengenai Spiritualitas atau Teologi diterima, sejauh bahan itu secara khusus membantu pelaksanaan program animasi rohani. Kami memohon kesabaran anda sampai seluruh sistem bisa berjalan maksimal. Jangan kecewa kalau sekarang anda mencoba beberapa kali membuka Folder AJSC dan ternyata masih kosong!

6. Terbitan terbaru

Dalam BERITA AJSC ini, kami juga ingin memperkenalkan beberapa buku terbitan terbaru mengenai misi dan spiritualitas kita. Kami tidak membahas isinya tetapi hanya sekedar mencantumkan judul untuk menarik perhatian kita.

Silakan menghubungi: Sekretariat Arnold-Janssen, alamat: sekr.aj@steyler.nl

Buku-buku baru dari Sr. Franziska Carolina Rehbein SSpS, anggota team AJSC:

 

Silakan mengabarkan kepada kami terbitan baru yang serupa di wilayah anda. Mohon berita dan informasi tentang kegiatan animasi rohani di propinsi dan regio anda. Terimakasih.

7. Selamat memasuki Tahun Baru 2005

Kami mengucapkan Selamat Tahun Baru 2005 kepada anda kalian. Kita masih dilanda bayang kegelapan bencana tsunami di Asia yang memakan begitu banyak korban. Nampaknya anggota tarekat kita yang berkarya di wilayah ini tidak terluka atau meninggal, tetapi beberapa anggota kita kehilangan anggota keluarga mereka. Semoga mereka dan anda semua semakin dalam mengalami kehadiran Sang Sabda Yang Menjelma, yang membawa harapan dan kekuatan.

Inilah harapan anggota team AJSC ketika kita bersama-sama mengayun langkah ke Tahun Baru dalam namaNya. Kami menanti berita dari Anda.

The Central Team of the AJSC
Emmie,  Franziska,  Matilde,  Michael,  Peter
and Simon.